News Breaking
Live
wb_sunny

Ada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, Kemenag Imbau Umat Muslim Gelar Salat Kusuf

Ada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, Kemenag Imbau Umat Muslim Gelar Salat Kusuf

Spiritnews.media - Jakarta | Sejumlah wilayah di Indonesia akan menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin pada 26 Desember. Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat muslim agar melakukan salat gerhana atau Salat Kusuf.

Berdasarkan data astronomis, Kamis pekan depan, bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 H, di wilayah Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebagian.

"Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf," kata Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi, dalam keterangannya, di Jakarta, kemarin.

Gerhana matahari cincin bakal bisa terlihat di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37 WIT.

Adapun puncak gerhana paling awal adalah Kota Sabang yang terjadi pada pukul 11.49 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51 WIT.

Sementara itu, Tarmizi mengatakan pelaksanaan salat gerhana menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. [Red]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar