News Breaking
Live
wb_sunny

Wakil Walikota Cilegon Resmikan BLK Al-Insan

Wakil Walikota Cilegon Resmikan BLK Al-Insan


CILEGON – Spiritnews.media | Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati baru saja meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Al Insan di Pondok Pesantren Al Insan, Lingkungan Kerotek, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Selasa (10/12). BLK Al-Insan tersebut berdiri atas bantuan dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. 

Pada peresmian tersebut, juga hadir Kepala BBPLK Serang Agung Nur Rohman, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Nurrotul Uyun, Ketua Yayasan Al Insan Abdul Ghofur, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Cibeber, serta warga sekitar Lingkungan Kerotek. 

Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPLK Serang yang telah membantu pembangunan BLK Al Insan. Ia berharap, dengan dibangunnya BLK Al Insan menjadi wadah bagi alumni Pondok Pesantren Al Insan untuk menimba ilmu khsususnya skill tekknik pengelasan. "Kami berharap BLK ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan skill lulusan Pondok Pesantren Al Insan dan warga Kerotek agar memunyai skill dan  siap bersaing di pasar kerja," kata Ati. 

Ditambahkan Ati, Pemkot Cilegon berupaya menekan angka pengangguran dengan meningkatkan skill warganya. Pihaknya juga akan mendata pondok pesantren agar bisa bekerjasama dengan BLK di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Cilegon. "Nanti bisa saja BLK Cilegon yang melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren agar lulusan Pondok Pesantren juga bisa bersaing di dunia industri, dan bisa terserap di lapangan kerja," terangnya. 

Di tempat yang sama, Kepala BBPLK Serang Agung Nur Rohman mengatakan, BLK Al Insan ini merupakan BLK pertama di Cilegon hasil kerjasama antara Kemenakertrans dengan komunitas khususnya Pondok Pesantren. BLK yang didirakan dari hasil kerjasama ini sudah ada 13 di Provinsi Banten. "Bantuan dari pemerintah pusat berupa pendirian bangunan BLK senilai Rp 500 juta, peralatan pengelasan Rp 300 juta, dan instruktur yang disiapkan oleh BBPLK Serang," terangnya. 

Kata Agung, pelatihan pengelasan yang diadakan di BLK Al Insan karena memang pengajuan yang dilakukan Ponpes Al Insan membutuhkan pelatihan pengelasan. "Apalagi di sekitar Cilegon banyak industri yang membutuhkan tenaga pengelasan," tuturnya. 

Agung menambahkan, BLK Al Insan ini diharap bisa menyerap 100 peserta pelatihan kerja setiap tahunnya. Peserta pelatihan bisa dari lulusan Pondok Pesantren Al Insan maupun warga sekitar Lingkungan Kerotek. "Kami berharap agar Ponpes Al Insan terus membangun komunikasi dengan perusahaan agar lulusannya bisa langsung disalurkan," terangnya. [red]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar