News Breaking
Live
wb_sunny

Rangkaian HPN 2020 Kalsel, Bupati Banjar Adakan Ramah Tamah Bersama SMSI

Rangkaian HPN 2020 Kalsel, Bupati Banjar Adakan Ramah Tamah Bersama SMSI


Spiritnews.media | Banjar Baru - Dalam rangka mengisi rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimanatan Selatan. Bupati Banjar, Haji  Halilurahman menggelar Ramah Tamah dengan para jurnalis dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Gedung Serbaguna Mahligai Sultan Adam. Jum'at (7/2/2020) malam.

Tampak hadir, Ketua SMSI, Firdaus bersama jajaran pengurus dan para jurnalis serta unsur Forkominda Kabupaten Banjar.

Dalam acara tersebut, juga diselingi beberapa penmapilan seni musik dari Sanggar Banjar dan Pantun dengan iringan Rebana khas Banjar.

"Semoga pertemuan kita malam ini mendapat berkah dari Allah Swt. Kami merasa bangga dengan kedatangan insan pers khususnya SMSI pada malam ini. Selamat datang di kota santri Kabupaten Banjar kota yang dulu dijuluki 'Serambi Mekah," kata Halilurrahman di awal sambutannya.

Lebih lanjut, Halilurrahman juga mengapresiasi peran pers dalam mencerdaskan bangsa dan bisa memajukan negara. Dan dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyatakan kesiapan Kabupaten Banjar menjadi daerah penyangga ibukota negara yang sedang wacana kepindahan ke Kalimantan Timur.

"Terimakasih kepada insan pers atas kemajuan daerah, apelresiasi saran kritik temen-temen media dalam mewujudkan good govermen. Dan terkait rencana pemindahan ibukota negara. Banjar perlu banyak belajar sebagai daerah penyangga, banyak tantangan yang akan dihadapi, maka dukungan media sangat diharapkan," tuturnya.

Selain itu Halilurrahman juga menjelaskan, sebagai kabupaten terluas ketiga di Kalimantan, Banjar terdapat ada 20 kecamatan dengan jumlah 571553 jiwa. Dengan beragam potensi yang dimilikinya. Baik yang sudah dikelola maupun yang belum tersentuh.

Di Banjar banyak sektor unggulan, perikanan produksi budi daya ikan, pertanian lumbung padi buah-buahan dan hewan endemik, seperti Bekantan, Durian, Cempedak dan lain-lain, serta varian bunga, sektor pariwisata potensi cukup banyak,  alam religie budaya dan buatan. Bahkan Banjar ditetapkan sebagai wisata alamnya Kalsel.

"Yang harus dikembangkan untuk kemajuan daerah. Kami siap mendukung jadi daerah penyangga ibukota negara di Kaltim. Kami optimis dan berharap insan pers ikut mempromosikan pariwisata SDA dan potensi lain yang belum terekspos luas," jelasnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Firdaus dalam sambutannya, juga mengapresiasi pihak pemerintah Kabupaten Banjar yang sudah mengundang ramah tamah jurnalis. Ia mengungkapkan ada momen bersejarah bagi SMSI pada acara malam tersebut.

"Malam ini malam bersejarah baru terpilih 20 Desember 2019.
Kepengurusan diumumkan 20 Januari 2020 lalu, dan ini kegiatan pertama SMSI di daerah. Terimakasih Pak Bupati, pertemuan ini akan jadi kenanagan dan sejarah untuk SMSI," ungkapnya.

Firdaus juga menceritakan perjalanan SMSI yang berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Dan dari hasil Kongres pertama, ia yang terpilih menjabat sebagai Ketua Umum SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber.

"Sampai hari ini anggota SMSI 1071, terdiri dari perusahaan media siber. Organisasi perusahaan ini harus terdaftar di Dewan Pers dan didiverifikasi. Alhamdulillah telah mendapat verifikasi sebanyak 527 perusahaan. Sedangkan verifikasi profesi wartawan dilakukan PWI," jelasnya.

Di sela acara itu, banyak wartawan yang menikmati suguhan gratis berupa makanan khas serta beragam buah-buahan hasil pertanian masyarakat Kabupaten Banjar yang disajikan. Tampak juga para pelaku UMKM kerajinan tangan juga menunjukan hasil karyanya berupa kain dan pernak-pernik atau sovunir khas Banjar. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar