News Breaking
Live
wb_sunny

Provinsi Bengkulu Pusatkan Peringatan Hari Santri 2020 di Kabupaten Kaur

Provinsi Bengkulu Pusatkan Peringatan Hari Santri 2020 di Kabupaten Kaur


Bengkulu
– Peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020 secara Nasional, di Provinsi Bengkulu dipusatkan di Kabupaten Kaur. Dengan mengusung tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat” pelaksanaan upacara digelar di Pondok Pesantren Eka Nurza.  Bertindak selaku inspektur upacara secara langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Zahdi Taher, M.HI. Hadir dalam kesempatan peringatan hari santri tersebut diantaranya PLT Bupati Hj. Yulis Suti Sutri, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) Kabupaten Kaur, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu, para pimpinan pondok pesantren dan santriwan/wati Ponpes Eka Nurza.

Dalam amanat Menteri Agama Fachur Razi yang dibacakan langsung oleh Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu, Menteri Agama mengajak kepada para santri untuk ikut mencegah penyebaran virus Covid 19 ditengah masyarakat yang saat ini telah menjadi wabah secara internasional dengan penerapan pola hidup sehat dan disiplin menerapkan 3M (menggunakan msker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dalam kehidupan sehari-hari. “Kita semua sadar bahwa pesantren sebagai entitas yang rentan akan persebaran Covid 19.Keseharian dan pola komunikasi para santri yang biasa tidak berjarak satu dengan yang lainnya adalah model komunikasi islami, unik dan khas,namun juga rentan akan penyebaran virus. Namun modal utama pencegahan penyebaran virus ini adalah kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri,keteladanan dan kehati-hatian Kiyai dan pimpinan Pondok Pesantren,karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibandingkan dengan yang lain” kutip H. Zahdi.

Meski dalam suasana diguyur hujan upacara berlangsung dengan khitmat dan lancar. Selain membacakan amanat dari menteri Agama, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu juga berpesan kepada seluruh santri agar terus semangat menimba Ilmu di Pondok Pesantren,baik ilmu agama maupun ilmu lainnya yang nantinya akan menghantarkan para santri ke masa depan yang lebih cemerlang.

Diakhir upacara juga diserahkan secara simbolis oleh Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs.H. Zahdi Taher,M. HI bantuan penanganan Covid 19 sebesar 25 juta rupian kepada Pondok Pesantren Eka Nurza, bantuan masing-masing 10 juta rupiah untuk TPQ dan MDA se kabupaten Kaur, serta bantuan quota bagi guru dan siswa madrasah kabupaten Kaur yang merupakan kerjasama Kementerian Agama dan PT. Axix Axiata untuk kelancaran belajar online selama pandemi berlangsung. (Siberindo-Bengkulu)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar