News Breaking
Live
wb_sunny

Ketua PWI Cilegon Imbau Wartawan Jaga Netralitas

Ketua PWI Cilegon Imbau Wartawan Jaga Netralitas


SpiritNews.media | (Cilegon) Dengan Adanya Dewan Imbauan Dewan Pers yang menegaskan supaya Wartawan tidak menjadi Tim Sukses Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada 2020 ini, Ketua PWI Cilegon, Adi Adam, juga mengingatkan hal tersebut khususnya untuk wartawan yang liputan di Kota Cilegon.

"Baik yang tergabung dalam organisasi PWI maupun tidak, saya berharap untuk tetap menjaga fungsi netralitas sebagai jurnalis khususnya di Kota Cilegon," ujarnya saat dihubungi melalui telpon. Minggu, 01/11/2020.

Ia juga mengatakan, dalam moment Paslon manapun wartawan tetap menjaga netralitasnya sebagai jurnalis. Karena wartawan bekerja untuk kepentingan publik.

"Seperti yang dikatakan oleh Dewan Pers menyampaikan wartawan harus mengundurkan diri jika ingin menjadi tim sukses salah satu calon tertentu," katanya.

Ia juga mengatakan, wartawan harus tetap melakukan tugasnya sebagai fungsi kontrol publik, meski adanya kemitraan antara perusahaan media dan calon tertentu. Bukan berarti wartawan tidak mengkontrol dan mengkritisi segala peristiwa yang terjadi pada mitranya.

Ia juga menyampaikan, untuk wartawan yang bekerja hanya di musim pilkada, dan hanya mendukung salah satu calon itu menjadi perhatian bersama, karena bisa membuat pengaruh buruk bagi wartawan secara keseluruhan.

"Wartawan jangan mau ditunggangi oleh kepentingan siapapun, apalagi kepentingan itu hanya untuk sekelompok atau golongan tertentu. Wartawan harus tetap netral dan berani menyajikan informasi yang baik dan benar demi kepentingan masyarakat," tutupnya. (red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar