News Breaking
Live
wb_sunny

Lima Kali Berturut-Turut Opini WTP, Pemko Pariaman Diganjar Plakat Penghargaan dari Kemenkeu RI

Lima Kali Berturut-Turut Opini WTP, Pemko Pariaman Diganjar Plakat Penghargaan dari Kemenkeu RI


PARIAMAN — Terima Opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut, Pemerintah Kota Pariaman terima plakat penghargaan dari Kemenkeu RI. Penghargaan ini diserahkan   Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Heru Pudyo Nugroho, kepada  Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, atas capaian Opini WTP lima kali berturut-turut, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), bertempat di ruang kerja wakil walikota, Balaikota Pariaman, Kamis (12/11/2020).

Kakanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat Heru Pudyo Nugroho   menyebutkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan untuk berbagai kementerian dan lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah menyelesaikan laporan keuangan secara akurat, akuntabel dan transparan.

“Sebagai wujud apresiasi atas LKPD, Pemerintah RI melalui Kementerian Keuangan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan piagam penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan Opini WTP Tahun 2019, dan bagi peraih WTP 5 kali secara berturut-turut, berhak mendapatkan Plakat Penghargaan, seperti yang diterima oleh Kota Pariaman,” ungkapnya.

Dalam kaitan ini, opini WTP dikeluarkan oleh BPK selaku auditor sedangkan Menteri Keuangan mempunyai tugas menyusun konsolidasi laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah. Semakin banyak institusi atau daerah yang memperoleh predikat WTP maka laporan keuangan pusat dan daerah dinilai semakin akuntable.

“Inilah sebagai bentuk apresiasi, maka Menteri Keuangan memberikan piagam penghargaan dan Plakat WTP kepada Pemko Pariaman, yang telah mempertahankan capaian kinerja keuangan yang baik, atas penyusunan, penyajian, realisasi, dan laporan pertanggungjawaban keuangan, sehingga dapat mempertahankan Opini WTP 5 Kali secara berturut-turut,” tutup Heru Pudyo Nugroho.

Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengungkapkan kegembiraannya, dimana dengan adanya penghargaan ini, membuktikan bahwa Pemko Pariaman mampu mengelola manajemen keuangan negara menurut standar dan persyaratan yang diatur sesuai regulasidan perundang-undang yang berlaku.

“Pemerintah Kota Pariaman telah meraih Opini WTP 5 kali berturut-turut, sejak Tahun 2015 sampai 2019. Capaian ini merupakan perjalanan panjang bukan hanya sekedar mengejar status opini WTP. Melainkan upaya kreatif membangun tata kelola keuangan secara baik,” tukasnya.

“Alhamdulillah, kami sangat berbahagia memperoleh penghargaan ini dimana keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh pihak dan OPD terkait, yang telah menyampaikan LKPD, sesuai prosedur regulasi dan perundang-undangan yang berlaku tentang pengelolaan keuangan negara. Untuk itu, saya ingatkan penghargaan ini kiranya jangan sampai membuat kita cepat berpuas diri, dan hal ini kiranya terus dapat kita pertahankan,” ungkap Mardison Mahyuddin. (Sumbar_Siberindo)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar