News Breaking
Live
wb_sunny

Ulah Dukung Salah Satu Paslon; Walikota Payakumbuh Penuhi Panggilan Bawaslu

Ulah Dukung Salah Satu Paslon; Walikota Payakumbuh Penuhi Panggilan Bawaslu


PAYAKUMBUH - Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi akhirnya memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu Kota Payakumbuh Senin sore, 9 November 2020 .

Orang nomor satu kota Batiah ini untuk dimintai keterangan tentang videonya yang menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Safaruddin dengan Rizki Kurniawan N (SAFARI).

Video tersebut sempat viral di halaman facebook milik tim kemenangan SAFARI beberapa waktu lalu.

Awalnya, Riza Falepi dijadwalkan pukul 09.00 wib, namunb tidak dapat hadir dengan alasan tidak enak badan.

Untuk itu, Riza Falepi mengutus Sekretaris Daerah Rida Ananda, Kabag Hukum Bode Arman, Kadis Kominfo Jon Kenedi, dan Kepala Kesbangpol Bhudi Permana.

Namun Bawaslu tidak bisa menerima karena tidak kapasitasnya untuk hadir. Ketua Bawaslu, M Khadafi menolak utusan walikota tersebut karena yang akan dimintai keterangan adalah Walikota Payakumbuh, tegasnya kepada awak media.

Ketua Bawaslu justru memberi kelonggaran yang penting Walikota bisa hadir, apakah pagi, sore.” Bahkan lewat virtual pun juga bisa,” ucap M. Khadafi.

Setelah diberi pemahaman, akhirnya Riza Falepi hadir jam 15.30 bersama Sekda, kabag hukum,Kadis Kominfo serta Kepala Kesbangpol Payakumbuh.

Sesampai di bawaslu, Riza masuk ke ruang pemeriksaan. Selama menjalani pemeriksaan, ruang tersebut dikawal kepolisian dan satpam bawaslu.

Pemeriksaan lebih kurang memakan waktu lebih kurang 1,5 jam. Tepat pukul 17.00, walikota ruang keluar dan langsung dicegat awak media untuk dimintai wawancaranya terkait pemanggilan dirinya terhadap videonya yang viral tentang dukungan pasangan calon SAFARI.

Sayang ketika dicegat, Riza Falepi mengelak saat diwawancarai wartawan.

“Tidak usah”, ucapnya sambil berjalan menuju rumah dinas Walikota yang berjarak 200 meter dari kantor bawaslu di sekitaran Kubu Gadang.

Sementara itu, pemeriksa dari bawaslu, Maidona diketika dikonfirmasi tidak banyak memberi penjelasan kepada awak media terkait pemanggilan Riza Falepi tersebut.

Namun, ia mengakui mengajukan lebih kurang 20 pertanyaan terkait video tersebut.

Saat ditanya pemanggilan selanjutnya, pihak bawaslu tidak dapat memastikan karena itu merupakan aturan yang berlaku di bawaslu. (Siberindo)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar