News Breaking
Live
wb_sunny

Disparbud Cilegon Wacanakan Buat Museum

Disparbud Cilegon Wacanakan Buat Museum


Spiritnews (Cilegon) - Mengigat pentingnya sebuah cagar budaya dalam hal pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon berencana untuk membangun sebuah Museum.

Kabid Kebudayaan pada Disparbud Cilegon, Tini Suswatini, mengatakan di Kota Cilegon ada sebanyak 30 cagar budaya berdasarkan hasil kajian, dan baru 5 yang ditetapkan sebagai cagar budaya.

"Sebenarnya Cagar Budaya di Kota Cilegon ini sangat banyak sekitar 30-an, namun hanya 5 (lima) yang baru ditetapkan. Di wilayah Pekuncen ada 3(tiga) diantaranya, Rumah Ibu Nurhayati, Rumah Ibu Tuasmah, Rumah K.H Undulusi, lalu 2(dua) lainnya yaitu Stasiun Kereta Cigading dan Stasiun kereta api Kerenceng. Kalau untuk stasiun kereta api Cigading sudah tinggal," ujarnya dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang Penetapan Cagar Budaya Kota Cilegon, bersama sejumlah tokoh masyarakat di aula hotel Sari Kuring Cilegon. Rabu, 16/12/2020.

Ia juga mengatakan, untuk pengadaan museum sendiri belum ada kebijakan dari  pemerintah Kota Cilegon untuk pengadaan sebuah museum di Kota Cilegon.

"Ketika review Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2016-20121 diadakan, kalo museum itu belum menjadi skala prioritas Kota Cilegon," Tambah Tini.

Ia berharap, upaya untuk rumah dinas Walikota, bisa menjadi salah satu Cagar Budaya di Kota Cilegon.

"Agar tidak banyak yang hilang dan mengantisipasi pembangunan yang tidak perlu supaya eksistensi juga tetap terlihat dan rumah dinas walikota bisa ditetapkan sebagai museum kedepan nya," tuturnya. (Rahmat Hidayat/red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar