News Breaking
Live
wb_sunny

Menanti Tangan Dingin Sandiaga Uno di Sektor Parekraf

Menanti Tangan Dingin Sandiaga Uno di Sektor Parekraf

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo untuk membenahi serta membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk pandemi Covid-19.

Foto: Antara


Baru satu hari dinyatakan sembuh dari paparan virus Covid-19, setelah selama 14 hari menjalani isolasi mandiri di kediamannya, Sandiaga Salahuddin Uno sudah kembali beraktivitas. Tujuan pertama ia keluar rumah pun tak tanggung-tanggung, yaitu ke Istana Negara Jakarta. Mengenakan setelan kemeja putih polos dipadu celana panjang warna gelap dilengkapi jaket biru dan sepatu jenis sneaker hitam dan kaus kaki semata kaki, pengusaha nasional ini duduk di pelataran Istana Negara. Ia tak sendirian duduk di kursi kayu bersandaran punggung warna cokelat yang diletakkan berjejer setengah melingkar di teras bangunan bercat putih buatan tahun 1796 itu.

Di samping kanannya ada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sebelah kirinya ada Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. “Dulu beliau adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020), saat mengenalkan Sandiaga dengan tugas barunya di Kabinet Indonesia Maju.

Rupanya kedatangan penyuka olahraga jogging ini ke Istana Negara adalah untuk diperkenalkan sebagai pembantu presiden dalam posisi sebagai orang nomor satu di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menggantikan tugas Wishnutama Kusbandio. Wishnutama telah menjabat posisi ini sejak 23 Oktober 2019.

Sandiaga Uno bersama lima orang lainnya itu ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju untuk menggantikan pejabat lama. Selama ini, Sandiaga dikenal sebagai pengusaha nasional yang berkecimpung di sejumlah sektor seperti jalan tol, investasi, telekomunikasi, dan pertambangan.

Belum pernah sekali pun, Sandiaga berkecimpung di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kendati dia sangat aktif di berbagai platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Youtube sehingga mendapat julukan “Papa Online”. Setumpuk tugas pun langsung menanti mantan Wagub DKI berpasangan dengan Anies Baswedan pada 2017 ini.

Presiden meminta pria kelahiran Rumbai, 28 Juni 1969 itu untuk segera membenahi sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pariwisata merupakan sektor andalan Indonesia dalam mendulang devisa, namun menjadi tak berdaya hampir sembilan bulan terakhir ini. Jika pada 2019, berdasarkan laporan Kemenparekraf, pariwisata mampu menyumbang Rp280 triliun bagi keuangan negara, tidak demikian halnya apa yang didapat setahun kemudian. Pada 2020, industri yang telah menyedot hampir 14 juta lapangan kerja itu terkulai lemas dihantam Covid-19 dan berpotensi melenyapkan 90 persen peluang devisa bagi negara.

Lulusan George Washington University, Amerika Serikat itu pernah dikenal sebagai sosok pengusaha yang mampu membenahi perusahaan-perusahaan yang sedang kesulitan dalam hal keuangan. Melalui tangan dinginnya, sejumlah perusahaan dia benahi, untuk kemudian mampu bangkit dan kembali mencetak keuntungan usaha. Sandiaga juga dikenal memiliki relasi dan jaringan bisnis internasional yang baik. Berbekal pengalaman itulah, Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa Sandiaga mampu memulihkan kembali sektor parekraf.

Beberapa program kerja pun langsung disusun Sandiaga sesuai arahan dari Presiden Jokowi. Ia diminta untuk memastikan pengembangan lima destinasi wisata superpremium sebagai Bali Baru segera disiapkan agar siap untuk berlari kencang. Kelima destinasi superpremium itu adalah kawasan Candi Borobudur di Jawa Tengah, Danau Toba (Sumatra Utara), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Likupang (Sulawesi Utara), dan Mandalika (Nusa Tenggara Barat).

"Kita akan siapkan diri segala aspek yang berkaitan dengan upaya pemulihan kelima destinasi wisata superpremium. Kegiatan itu mulai dari pemulihan infrastruktur hingga gelaran acara budaya terkait kelima destinasi tadi dalam bentuk calendar of event," kata Sandiaga.

Ia juga diminta untuk memastikan sektor ekonomi kreatif dapat lebih berkembang di masa pandemi ini. Selamat bertugas para menteri baru untuk membantu presiden hingga empat tahun ke depan, khususnya dalam membawa Indonesia melewati wabah Covid-19. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar