News Breaking
Live
wb_sunny

In Labora, Tukang Hoyak Saluang Dendang Telah Tiada…

In Labora, Tukang Hoyak Saluang Dendang Telah Tiada…


Limapuluh Kota - Innalilahi wainnailaihi rojiun… Kembali salah seorang penggiat seni tradisi minang, yaitu tukang hoyak saluang dendang Minang bernama Indra atau lebih dikenal dengan In Ladora, dipanggil oleh Allah Yang Maha Kuasa, Sabtu (2/1) dini hari dalam usia 57 tahun.

Kepergian In Ladora mengagetkan banyak orang. “Tidak ada sakit atau gejala penyakit lain yang dirasakan almarhum,” kata Erni, istri almarhum ketika dikonfimasi PilarbangsaNews, grup media Siberindo.Co, Sabtu (2/1) pagi.

“Awal kejadiannya, abang sedang berada di sebuah kedai kopi di Pasar Payakumbuh. Tiba-tiba dia merasa pusing dan pening,” jelas Erni tentang kepergian suaminya.

Oleh teman-temannya In Ladora langsung dilarikan ke rumah sakit Adnaan WD. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis, dipastikan In Ladora telah tiada. Diperkirakan, In Ladora meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Almarhum dikenal sebagai tukang hoyak saluang dendang yang senior, tiada yang tidak kenal diantara pecinta saluang dendang di Sumatera Barat. Almarhum meninggalkan dua orang istri yaitu Erni dan Mel, serta 7 orang anak dan 6 orang cucu.

Terlihat cukup banyak pelayat yang datang ke rumah duka di Jorong Boncah Batubalang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, terutama para penggiat dan pelaku seni tradisi saluang dendang dari berbagai daerah.

Almarhum yang berasal dari Salo Kotobaru, Baso, Kabupaten Agam itu menggeluti dunia saluang dendang selaku tukang hoyak sudah puluhan tahun. Istri dan anak-anaknya di Batubalang juga aktif di dunia seni tradisi ini.

Ernawati, Dt Bagindo Basa, dan Antoni Dt Mangiang dari jajaran kepengurusan PPST (Pengiat Pemerhati Seni Tradisi) diliputi rasa duka mendalam. “Kita kehilangan salah seorang pencinta dan penggiat saluang dendang,” ujar Ernawati.

Selamat jalan In Ladora. Semoga ditempatkan di sorga Allah SWT. Amin ya rabbal alamin. (Sumbar_Siberindo)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar