News Breaking
Live
wb_sunny

Pemkot Cilegon Dukung Kemendikbud Terbitkan Perda Perbukuan Hak Cipta

Pemkot Cilegon Dukung Kemendikbud Terbitkan Perda Perbukuan Hak Cipta

SpiritNews (Cilegon) - Pusat Kurikulum dan Perbukuan serta Kementrian pendidikan dan  Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar rapat kerja perkembangan Regulasi Perbukuan Nasional di Kota Cilegon yang bertempat di salah satu Hotel di Kota Cilegon. Selasa, 06/04/2021.

Kegiatan tersebut turut melibatkan pemerintah Kabupaten Kota se-Banten bersama penggiat Literasi di Banten, bertujuan supaya menginisiasi penyusunan lahirnya peraturan daerah (Perda) terkait pembukuan dan untuk melindungi karya para  penggiat Literasi.

Dalam sambutanya Wakil Walikota Cilegon Sanuji, mengungkapkan bahwa Pemerintah akan mendorong supaya tingkat baca dan semangat menulis bisa meningkat dan buku bisa dijadikan sumber referensi. 

"Kita akan dorong terus program kedepanya agar supaya minat baca maupun menulis itu dapat meningkat dan bisa menciptakan SDM yang baik baik juga," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud, Maman Faturohman, mengatakan bahwa pihaknya mendorong lahirnya Perda perbukuan di daerah merupakan sebagai tindak lanjut turunan pemerintah permendikbud dari undang-undang yang berlaku terkait perbukuan.

"Lahirnya perda di daerah tentang perbukuan dinilai sangat penting, mengingat perda perbukuan kedepanya bisa menjadi acuan pemerintah sebagai dasar melahirkan buku muatan lokal serta pemeliharaan buku kuno," ujarnya.

"Harus adanya perda perbukuan, karena itu sebagai acuan juga bagi pemerintah untuk dasar menciptakan buku muatan lokal serta pelestarian buku-buku kuno agar hak cipta dapat dilindungi serta menghindarkan dari pembajakan," tambahnya

Dalam menghadapi era digital seperti saat ini, lanjut Maman, pihaknya akan segera menerapkan perda perbukuan tersebut guna melindungi para penggiat Literasi dari pembajakan hak karya cipta. (Rahmat Hidayat/red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar