News Breaking
Live
wb_sunny

Partisipasi Lembaga Berbasis Agama Sukseskan Vaksinasi COVID-19

Partisipasi Lembaga Berbasis Agama Sukseskan Vaksinasi COVID-19


Jakarta - Peran lembaga berbasis agama sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19 beberapa waktu ke depan. Dengan begitu, masyarakat dengan penuh kesadaran dapat mengikuti vaksinasi ketika sudah dijadwalkan oleh pemangku kepentingan terkait. 

"Keterlibatan lembaga berbasis agama dalam menyukseskan gerakan vaksinasi sangat kami butuhkan demi mengatasi pandemi," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong melalui siaran virtual pada Sabtu (4/9/2021). 

Menurut dia, lembaga berbasis agama dapat memberikan imbauan kepada masyarakat terkait dengan kegunaan vaksin COVID-19 dalam konteks ajaran agama. Sehingga, masyarakat atau penganut ajaran agama, dapat tercerahkan dari informasi yang diberikan oleh tokoh agama itu. 

Imbauan informasi yang kerap dibungkus dalam kegiatan ceramah yang diberikan oleh tokoh agama di atas, kerap kali menjadi acuan masyarakat atau penganutnya. Adanya informasi tersebut, memberikan informasi tambahan terkait dengan kegunaan vaksin COVID-19 di tengah pandemi saat ini. 

"Peran lembaga agama turut membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 ini bisa dengan cara antara lain memberikan tausiah atau pencerahan yang mendorong masyarakat untuk mau divaksinasi," imbuhnya. 

Bantuan dari lembaga berbasis agama ini, lanjut Usman, sangat berpengaruh dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19 ke depan. Mengingat, lembaga ini memiliki jaringan hingga struktur pemerintahan yang paling bawah atau tingkat komunitas seperti kelurahan. 

Kuatnya jejaring pemangku kepentingan yang dimilikinya, akan menambah daya gedor dalam upaya penanganan wabah global COVID-19 di tanah air. Dengan begitu, peluang pemangku kepentingan dapat mengendalikan pandemi dalam waktu yang relatif cepat dapat terwujud. 

"Memiliki jaringan sampai ke level desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Yang tentunya akan lebih mudah dalam memberikan literasi kepada umat mengenai vaksinasi ini," tuturnya. 

Sukesnya kegiatan vaksinasi yang dilakukan, maka akan membuat kekebalan komunal atau herd immunity di pelosok tanah air. Terbentuknya hal itu, dalam beberapa ke depan, akan membuat pengendalian COVID-19 dapat dilakukan secara efektif. 

"Pentingnya vaksin untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal sehingga bangsa Indonesia akan bisa bangkit kembali," pungkasnya. (*)

(Foto: Seorang tokoh agama mengikuti vaksinasi  COVID-19 secara massal bagi pejabat publik di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (3/3/2021). Selain tokoh agama, pejabat publik yang mengikuti vaksinasi adalah anggota TNI, POLRI ASN yang menjadi prioritas dengan kategori petugas pelayanan publik. MC Kalsel/tgh/ARH)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar