News Breaking
Live
wb_sunny

DinkopUKM Cilegon dan Untirta Gelar Bimbingan Teknis Inkubasi Wirausaha 2024

DinkopUKM Cilegon dan Untirta Gelar Bimbingan Teknis Inkubasi Wirausaha 2024

SpiritNews.Media (Cilegon) - Dalam upaya memperkuat kapasitas wirausaha lokal, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DinkopUKM) Kota Cilegon, bekerja sama dengan Inkubator Bisnis LPPM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Inkubasi Wirausaha untuk tahun 2024. Acara ini berlangsung disalah satu Ballroom Hotel di serang, Jumat (18/10/2024).

Program Bimtek ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para calon wirausaha agar memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka secara profesional. 

Acara yang di hadiri Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran para pelaku usaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak dan Ibu pelaku usaha yang berperan besar dalam membangun kapasitas fiskal daerah. Kehadiran para wirausaha akan memberikan dampak signifikan bagi distributor, pemasok, dan meningkatkan perputaran ekonomi secara keseluruhan,” ujar Maman.

Ia juga menambahkan bahwa keberadaan wirausaha baru diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam memperkuat perekonomian Cilegon. “Peran aktif Bapak dan Ibu sebagai wirausaha diharapkan dapat menyumbang kekuatan ekonomi daerah, sehingga kita bisa semakin mandiri dan berdaya saing,” jelasnya. 

Kepala DinkopUKM Cilegon, Didin S. Maulana, juga mengungkapkan bahwa persentase wirausaha di Indonesia masih rendah, yaitu 3,6%, sedangkan negara maju memiliki angka wirausaha minimal 10%. 

“Kami berharap melalui program inkubasi ini, akan lahir lebih banyak wirausaha baru yang mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional, sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah,” ucap Didin. 

Di sisi lain, Ketua LPPM Untirta, Meutia, yang hadir sebagai narasumber, memberikan pemaparan tentang pentingnya integritas dan manfaat dalam setiap produk atau layanan yang ditawarkan. “Bisnis yang jujur dan bermanfaat akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen, serta berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan berkelanjutan,” ujar Meutia. 

Ia juga menekankan pentingnya ketangguhan dan konsistensi dalam menjalankan bisnis. “Untuk menjadi seorang entrepreneur, yang pertama harus konsisten, jangan pernah patah semangat, dan selalu terbuka terhadap setiap kesempatan. Jangan lupa juga untuk melibatkan doa dalam setiap langkah usaha,” tambahnya. 

Program Bimtek Inkubasi Wirausaha 2024 ini diharapkan mampu menjadi wadah yang efektif dalam mencetak wirausaha baru di Cilegon, sekaligus meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan jumlah pelaku usaha yang berkualitas dan berdaya saing.(red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar